Animasi komputer
Animasi Komputer adalah suatu karya seni modern yang menghasilkan gambar bergerak dengan komputer sebagai alatnya. Animasi ini diciptakan
: menggunakan sistem CGI (Computer Generated Imagery) dan ada
sejak : tahun 1960, dikembangkan oleh Bell Telephone Laboratories. Animasi
Komputer dibuat oleh Edward E. Zajac, Frank W. Sinden, Kenneth C. Knowlton, A.
Michael Noll. Animasi Komputer sendiri diperkenalkan pada tahun 1973 pada film
Westworld. Pada cara kerjanya, Animasi 3D relatif lebih mudah dikerjakan daripada animasi 2D karena
dapat menggunakan komputer yang sama.
Pada animasi 3D, ada 4 tahap kerja :
- Modeling : pembuatan objek – objek yang dibutuhkan pada animasi yang ada.
- Animating : Animator menentukan / membuat keyframe pada objek yang akan digerakkan. Setelah keyframe dibuat, komputer secara otomatis akan menghitung dan membuat sendiri in-between.
- Texturing : menentukan karakteristik sebuah objek dari segi tekstur. Tekstur bisa digunakan untuk membuat berbagai variasi pattern dan warna, serta membuat tingkat kehalusan benda secara detail.
- Rendering : proses akhir dari pembuatan animasi, semua data dimasukkan dan diterjemahkan dalam bentuk output.
Untuk menghasilkan pergerakan, gambar ditampilkan pada layar komputer dan diganti dengan gambar baru yang sejajar dengan gambar sebelumnya dengan cepat.
Konsep dasar dari Animasi Komputer antara lain :
- Manual : mengandalkan kemampuan animator secara penuh, seluruh gerakan dibuat dengan insting dari animator. Biasanya digunakan pada animasi yang berbentuk katun, seperti Nemo, Cars, Toy Story, karena sifat gerak karakter yang ada adalah hasil rekaan manusia.
- Motion capture : metode animasi yang menggunakan bantuan gerak karakter aslinya yang dipindahkan geraknya dengan alat motion capture, kemudian diaplikasikan ke objek digital yang ada. Teknik ini akan membuat gerakan yang sama dengan yang aslinya. Contohnya seperti Avatar, Polar Express, Beowulf.
- Dynamic simulation : metode ini menggunakan perhitungan fisika pada objek yang ingin dianimasikan, lalu disimulasikan secara realtime. Berbagai hal seperti berat benda, gaya gravitasi, kekuatan angin, dan sebagainya diperhitungkan. Contohnya seperti animasi bola jatuh, gerakan kain yang ditiup angin, benda hancur.
- Particle : sekumpulan objek yang dapat dianimasikan agar membentuk sebuah pola. Misalnya asap, daun berguguran, api, sekelompok burung, salju.
Animasi Komputer memiliki jumlah masing - masing 2 tipe dan 2 jenis :
Tipe :
- 2D : figur animasi dibuat dan diedit komputer dengan menggunakan 2D bitmap graphics atau 2D vector graphics.
- 3D : animasi yang dibuat lebih rumit karena menggunakan berbagai efek seperti pencahayaan.
Jenis :
- Hitam putih : warna pada gambar hanya terdiri atas warna hitam dan putih
- Berwarna : warna pada gambar terdiri atas berbagai macam warna
Contoh Penggunaan animasi komputer antara lain untuk iklan, film, game, simulasi, maupun untuk pembelajaran. Selain itu, Animasi komputer juga digunakan pada bidang : perfilman, periklanan, pendidikan, ekonomi, sosial-budaya, politik, dan berbagai bidang lainnya. Animasi komputer bisa digunakan dalam berbagai bidang karena bisa digunakan sebagai alat untuk memberi informasi.
Perkembangan Animasi Komputer menjadi berkembang karena animasi manual mulai jarang digunakan. Hal tersebut terjadi karena pembuatan secara manual menghabiskan banyak waktu serta tenaga, sedangkan animasi komputer bisa dibuat secara cepat dan praktis. Perkembangan teknologi yang digunakan untuk mendukung animasi juga semakin berkembang. Hal tersebut dibuktikan dengan semakin canggihnya sistem CGI yang dipakai pada berbagai film. Selain itu, tekologi komputer serta software yang membantu pembuatan animasi komputer semakin banyak dan semakin canggih agar bisa membantu pembuatan animasi komputer lebih mudah dan lebih baik.
Pada animasi 3D, ada 4 tahap kerja :
- Modeling : pembuatan objek – objek yang dibutuhkan pada animasi yang ada.
- Animating : Animator menentukan / membuat keyframe pada objek yang akan digerakkan. Setelah keyframe dibuat, komputer secara otomatis akan menghitung dan membuat sendiri in-between.
- Texturing : menentukan karakteristik sebuah objek dari segi tekstur. Tekstur bisa digunakan untuk membuat berbagai variasi pattern dan warna, serta membuat tingkat kehalusan benda secara detail.
- Rendering : proses akhir dari pembuatan animasi, semua data dimasukkan dan diterjemahkan dalam bentuk output.
Untuk menghasilkan pergerakan, gambar ditampilkan pada layar komputer dan diganti dengan gambar baru yang sejajar dengan gambar sebelumnya dengan cepat.
Konsep dasar dari Animasi Komputer antara lain :
- Manual : mengandalkan kemampuan animator secara penuh, seluruh gerakan dibuat dengan insting dari animator. Biasanya digunakan pada animasi yang berbentuk katun, seperti Nemo, Cars, Toy Story, karena sifat gerak karakter yang ada adalah hasil rekaan manusia.
- Motion capture : metode animasi yang menggunakan bantuan gerak karakter aslinya yang dipindahkan geraknya dengan alat motion capture, kemudian diaplikasikan ke objek digital yang ada. Teknik ini akan membuat gerakan yang sama dengan yang aslinya. Contohnya seperti Avatar, Polar Express, Beowulf.
- Dynamic simulation : metode ini menggunakan perhitungan fisika pada objek yang ingin dianimasikan, lalu disimulasikan secara realtime. Berbagai hal seperti berat benda, gaya gravitasi, kekuatan angin, dan sebagainya diperhitungkan. Contohnya seperti animasi bola jatuh, gerakan kain yang ditiup angin, benda hancur.
- Particle : sekumpulan objek yang dapat dianimasikan agar membentuk sebuah pola. Misalnya asap, daun berguguran, api, sekelompok burung, salju.
Animasi Komputer memiliki jumlah masing - masing 2 tipe dan 2 jenis :
Tipe :
- 2D : figur animasi dibuat dan diedit komputer dengan menggunakan 2D bitmap graphics atau 2D vector graphics.
- 3D : animasi yang dibuat lebih rumit karena menggunakan berbagai efek seperti pencahayaan.
Jenis :
- Hitam putih : warna pada gambar hanya terdiri atas warna hitam dan putih
- Berwarna : warna pada gambar terdiri atas berbagai macam warna
Contoh Penggunaan animasi komputer antara lain untuk iklan, film, game, simulasi, maupun untuk pembelajaran. Selain itu, Animasi komputer juga digunakan pada bidang : perfilman, periklanan, pendidikan, ekonomi, sosial-budaya, politik, dan berbagai bidang lainnya. Animasi komputer bisa digunakan dalam berbagai bidang karena bisa digunakan sebagai alat untuk memberi informasi.
Perkembangan Animasi Komputer menjadi berkembang karena animasi manual mulai jarang digunakan. Hal tersebut terjadi karena pembuatan secara manual menghabiskan banyak waktu serta tenaga, sedangkan animasi komputer bisa dibuat secara cepat dan praktis. Perkembangan teknologi yang digunakan untuk mendukung animasi juga semakin berkembang. Hal tersebut dibuktikan dengan semakin canggihnya sistem CGI yang dipakai pada berbagai film. Selain itu, tekologi komputer serta software yang membantu pembuatan animasi komputer semakin banyak dan semakin canggih agar bisa membantu pembuatan animasi komputer lebih mudah dan lebih baik.
Timeline di dalam animasi merupakan komponen yang berisi frame-frame yang berfungsi untuk mengontrol objek yang dibuat dalam stage/layer. Timeline digunakan untuk mengatur jalannya animasi. Satuan yang digunakan dalam timeline merupakan fps/frame per second.
Keyframe merupakan sebuah frame yang menentukan gerakan objek. Keyframe dapat berdiri sendiri sehingga jika objek dalam satu keyframe diubah tidak akan mempengaruhi keyframe yang lain. Keyframe berisi objek yang berubah sepanjang keyframe tersebut, sedangkan Blank keyframe merupakan keyframe kosong, yang tidak berisi objek apapun di dalamnya. Layer berisi frame-frame yang digunakan untuk menentukan gerakan satu/beberapa objek dalam suatu timeline.
Tweening adalah sebuah proses memperhalus 2 buah animasi yang brbeda tanpa harus melakukan pergerakan pada setiap frame. Fungsi tweening dalam animasi adalah untuk mempercepat kerja dan mempersingkat waktu tanpa harus melakukan pergerakan di setiap frame. Membuat Tweening :
- pertama aktifkan Macromedia Flash, setelah dibuka pilih Flash
- Selanjutnya untuk membuat Motion Tween pastikan di frame manakah objek yang ingin kan di buat.
- pilih objek gambar yang di inginkan (pastikan garis luar objek ilang agar mudah di buat)
- setelah itu buat lah lingkaran sesuai keinginan dan klik frame yang anda inginkan. klik tombol kanan mouse dan pilihlah ‘Insert Keyframe’
- klik frame 30 dan tekan Q pada keyboard . pindahkan objek sesuai dengan keinginan anda
- kemudian tempatkan objek nya klik salah satu kolom yang berada dalam frame-frame yang ter-block. Klik tombol kanan mouse pada frame yang sudah ditentukan setelah itu pilihlah ‘Create Motion Tween’.
- dan selesai, lihat hasilnya dengan menekn Ctrl+ENTER
Cara kerja tweening adalah dengan cara menentukan dua poin keadaan pada objek awal dan akhir, sedangkan macromedia flash membuat rangkaian gerakan diantaranya. Animasi yang dihasilkan menggunakan metode ini adalah gerakan yang halus, perubahan letak, ukuran, rotasi, bentuk maupun warna. Prinsip kerja dari animasi motion tween adalah membuat objek pada frame pertama dan terakhir saja, sedangkan frame-frame diantaranya akan dibuat secara otomatis. Objek yang dapat diaplikasikan dalam motion tween adalah objek instance (simbol), group dan teks. Animasi motion tween biasa digunakan untuk membuat animasi objek bergerak, berputar, dan mengubah ukuran (skala).
Jenis Tweening yang ada adalah Motion Tween dan Shape Tween. Motion tween adalah pergerakan objek dari awal sampai akir, dengan adanya motion tween kita bisa menggunakan sedikit objek tanpa harus membuat banyak objek.
Masking adalah fitur di flash untuk menampilkan suatu gambar dengan batas dari gambar lain. Seperti arti kata mask dalam bahasa Indonesia, yaitu topeng, fungsi utamanya adalah menutupi bagian objek yang ingin ditutupi. Layer merupakan hal yang sangat penting di flash. Layer digambarkan seperti tumpukan lembaran yang transparan. Layer yang paling atas akan menutupi objek layer yang dibawahnya. Jadi layer masking artinya membuat lapisan berupa mask yang akan menutupi layer lain di bawahnya. Cara kerja masking seperti tadi dijelaskan yaitu untuk menutupi. Jadi dengan masking maka layer disekitar objek masking akan terlihat saat di jalankan dan layer yang beririsan dengan mask akan hilang saat dijalankan.
Movie Clip merupakan suatu wadah untuk menaruh suatu objek. di dalam movie clip bisa ditaruh lebih dari satu gambar ataupun video. Satu movie clip juga bisa berisi sebuah movie clip lain. Jika movie clip di bagian dalam membesar, otomatis movie clip bagian luar juga membesar. Movie Clip sebenarnya adalah sebuah animasi yang berjalan sendiri pada sebuah scene sehingga dia memiliki timeline tersendiri dan pergerakannya pun sendiri. Hubungan layer dengan frame adalah layer sebagai wadah tempaat frame dan fubunganya dengan movei clipe adalah gambar yang begera dengan cara kerja adalah kumpulan dari beberapa frame tersendiri yang di satukan sehingga terus begarak pada satu frame.
About The Author
![](https://scontent-a-mad.xx.fbcdn.net/hphotos-prn1/1374_662788490405127_198489364_n.png)
Templateify
Praesent nec tortor quam. Quisque ac malesuada augue. Sed dignissim gravida odio ut bibendum. Cras fermentum euismod turpis. Nunc nec diam ante, et faucibus ipsum. Etiam imperdiet mattis elit et molestie. Nulla feugiat mollis leo vel egestas. Pellentesque convallis
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 comments